Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat
Pelayanan pendaftaran pasien merupakan gerbang dimulainya pelayanan puskesmas. Dalam penyelenggaraan BPJS, masyarakat mengharapkan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memuaskan. Pasien akan akan merasa puas atau tidak tergantung dari mutu pelayanan pendaftaran yang diberikan. Apabila pasien merasa puas maka akan datang kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun bila pasien tidak merasa puas maka akan terjadi banyak keluhan yang
bahkan tidak hanya akan disampaikan secara tetap muka namun lebih dari itu dapat terjadi bahwa keluhan tersebut disampaikan melalui media cetak, media visual, bahkan sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui komparasi kepuasan pasien BPJS dan non BPJS pada mutu pelayanan pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian induktif komparatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian pendaftaran di Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah
pasien BPJS dan Non BPJS yang mendaftar di Pendaftaran pada bulan Maret-April 2019. Untuk penghitungan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Khothari. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposional sampling. Analisis data menggunakan Analisis Univariat yang didapatkan dari menghitung jumlah response sesuai dengan indikator yang diteliti dengan skala Likert. Analisis Bivariat sebelum analisis Univariat terlebih
dahulu melakukan Uji Normalitas skor tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Kolmogorov Smirnov dengan bantuan program statistik. data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan Uji Mann-Whitney U Test dengan bantuan program statistik pada komputer. Adapun luaran yang ditargetkan adalah Publikasi ilmiah di Jurnal Nasional Ber ISSN disubmitted, pemakalah dalam temu ilmiah terdaftar, bahan ajar (ISBN) draft, artikel Koran diterbitkan. TKT penelitian yang diusulkan adalah TKT 1 penelitian dasar
Detail Information
Citation
Maya Sofiana. (2020).
Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI
Maya Sofiana.
Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal
Maya Sofiana.
Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal
Maya Sofiana.
Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal