Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat


Pelayanan pendaftaran pasien merupakan gerbang dimulainya pelayanan puskesmas. Dalam penyelenggaraan BPJS, masyarakat mengharapkan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memuaskan. Pasien akan akan merasa puas atau tidak tergantung dari mutu pelayanan pendaftaran yang diberikan. Apabila pasien merasa puas maka akan datang kembali untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun bila pasien tidak merasa puas maka akan terjadi banyak keluhan yang
bahkan tidak hanya akan disampaikan secara tetap muka namun lebih dari itu dapat terjadi bahwa keluhan tersebut disampaikan melalui media cetak, media visual, bahkan sosial media. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui komparasi kepuasan pasien BPJS dan non BPJS pada mutu pelayanan pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian induktif komparatif dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian pendaftaran di Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah
pasien BPJS dan Non BPJS yang mendaftar di Pendaftaran pada bulan Maret-April 2019. Untuk penghitungan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Khothari. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposional sampling. Analisis data menggunakan Analisis Univariat yang didapatkan dari menghitung jumlah response sesuai dengan indikator yang diteliti dengan skala Likert. Analisis Bivariat sebelum analisis Univariat terlebih
dahulu melakukan Uji Normalitas skor tingkat kepuasan pasien BPJS dan non BPJS pada penelitian ini menggunakan rumus Uji Kolmogorov Smirnov dengan bantuan program statistik. data penelitian yang diperoleh dianalisis dengan Uji Mann-Whitney U Test dengan bantuan program statistik pada komputer. Adapun luaran yang ditargetkan adalah Publikasi ilmiah di Jurnal Nasional Ber ISSN disubmitted, pemakalah dalam temu ilmiah terdaftar, bahan ajar (ISBN) draft, artikel Koran diterbitkan. TKT penelitian yang diusulkan adalah TKT 1 penelitian dasar


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing
Pengarang Maya Sofiana - Personal Name (Pengarang)
Rita Wahyuni - Personal Name (Pengarang)
Endang Supriyadi - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil JRN DOS 2020
Subyek Kepuasan Pasien
BPJS Kesehatan dan Non
Mutu Pelayanan Pendaftaran
Klasifikasi J200129
GMD Jurnal
Penerbit Institut STIAMI
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Jakarta


Citation

Maya Sofiana. (2020).Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI

Maya Sofiana.Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal

Maya Sofiana.Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal

Maya Sofiana.Studi Komparasi Kepuasan Pasien BPJS Dan Non BPJS Pada Mutu Pelayanan Pendaftaran Puskesmas Johar Baru Jakarta Pusat().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Jurnal

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik