Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal
Saat ini pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik di sektor usaha jasa maupun produksi mengalami beragam tantangan berat dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak tiga bulan terakhir. Tantangan yang paling banyak dirasakan oleh pelaku UMKM yaitu adanya penurunan omzet yang signifikan, sepinya pelanggan, kesulitan mendapatkan bahan baku, dan hambatan pemasaran produk karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan hampir di seluruh tanah air. Kini pelaku UMKM dihadapkan pada era tatanan baru dan kenormalan baru atau lebih dikenal dengan sebutan New Normal yang ditandai dengan dibukanya kembali aktivitas keseharian masyarakat dengan tetap menjaga diri dari penyebaran pandemi Covid-19. Era New Normal memberikan tantangan sekaligus peluang bagi pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM yang justru mengalami kenaikan omzet yang signifikan pada era New Normal saat ini. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan rekomendasi bagi para pelaku UMKM dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat di era New Normal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran UMKM pada Era New Normal saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang melaksanakan
pengumpulan data melalui wawancara secara daring dan teknik analisis data deskriptif. Adapun informan penelitian adalah pelaku UMKM yang berlokasi di DKI Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan, dalam menyikapi era New Normal saat ini, pelaku UMKM
menggunakan strategi komunikasi pemasaran dengan cara lebih memfokuskan pemasaran pada platform digital, namun tanpa meninggalkan pasar tradisional atau non digital dan ditambah dengan strategi soft selling. Melalui implementasi ketiga strategi komunikasi pemasaran tersebut, para pelaku UMKM dapat tetap bersaing di era New Normal saat ini. Rekomendasi dari penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM agar dapat bertahan di era New Normal.
Detail Information
Citation
Novianita Rulandari. (2020).
Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal().Jakarta:Institut STIAMI
Novianita Rulandari.
Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Prosiding
Novianita Rulandari.
Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Prosiding
Novianita Rulandari.
Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Era New Normal().Jakarta:Institut STIAMI,2020.Prosiding