Pengaruh Pengawasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pembayaran Retribusi Terminal Di DKI Jakarta Tahun 2023


Realisasi penerimaan retribusi terminal di DKI Jakarta menunjukkan nilai yang
fluktuatif di setiap tahunnya, dengan jumlah penerimaan yang ditunjukkan pada
tahun 2023 meningkat dari tahun sebelumnya. Namun berbanding terbalik
dengan jumlah objek retribusi terminal yang mengalami penurunan signifikan
di setiap tahunnya yang menunjukkan bahwa masih lemahnya tingkat
pengawasan dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan
DKI Jakarta. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh pengawasan dan kualitas pelayanan
terhadap efektivitas penerimaan retribusi terminal di DKI Jakarta. Penelitian ini
merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Populasi dan Sampel dalam peneltian ini adalah wajib
retribusi terminal di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan
sampel purposive random sampling dengan adanya pertimbangan dan
karakteristik dalam pemilihan sampel, dengan jumlah sampel yang digunakan
yaitu sebanyak 110 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada wajib
retribusi terminal. Data yang telah dikumpulkan, dilakukan pengujian dengan
aplikasi IBM Statistic 26 dengan metode analisis regresi linier berganda, Uji T
(Signifikan), dan Uji F (Stimultan). Hasil Uji Koefisien Determinasi dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pengawasan dan
kualitas pelayanan terhadap efektivitas penerimaan adalah sebesar 18,2% dan
27,0%. Hasil dari Uji T variabel pengawasan menunjukkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan untuk Uji T variabel kualitas pelayanan
menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa
kedua variabel berpengaruh terhadap efektivitas penerimaan. Berdasarkan
hasil uji F nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05 artinya
secara simultan variabel pengawasan dan kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap efektivitas penerimaan retribusi terminal di DKI Jakarta.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Dosen Pembimbing Dr. Dian Wahyudin, S.Sos., M.Si
Pengarang Fadillah Lulua Maharani - Personal Name (Pengarang)
No. Panggil SKR AP 2024
Subyek Pengawasan, Kualitas Pelayanan, Efektivitas Peneri
Klasifikasi S2400062
GMD Administrasi Publik
Penerbit Institut STIAMI
Tahun Terbit 2024
Tempat Terbit Jakarta


Citation

Fadillah Lulua Maharani. (2024).Pengaruh Pengawasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pembayaran Retribusi Terminal Di DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI

Fadillah Lulua Maharani.Pengaruh Pengawasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pembayaran Retribusi Terminal Di DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

Fadillah Lulua Maharani.Pengaruh Pengawasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pembayaran Retribusi Terminal Di DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

Fadillah Lulua Maharani.Pengaruh Pengawasan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Pembayaran Retribusi Terminal Di DKI Jakarta Tahun 2023(Revision).Jakarta:Institut STIAMI,2024.Administrasi Publik

 



Information

Repository merupakan kumpulan dari skripsi, tesis, jurnal, laporan penelitian, dll yang dapat di download secara gratis

Media Sosial

Facebook Repository STIAMI Official
Youtube Repository STIAMI Official
Instagram Repository STIAMI Official

Saran

Kami berharap masukan, kritik dan saran dari saudara/i semua terhadap Repository Institut STIAMI, harap hubungi kami

Klik